Renyahnya Pelecing Kangkung

Menu makanan khas Lombok yang satu ini, Pelecing Kangkung, merupakan menu sehari-hari orang Sasak yang bisa kita jumpai hampir di setiap hidangan acara apapun. Sajian ini merupakan pembuka selera makan dengan rasa pedas.Bahkan ada pameo bahwa sampai keluar air liur kalau melihat pelecing kangkung ini. Wah!

Pelecing Kangkung Lombok - Gurih, Renyah, Pedas

Pelecing Kangkung Lombok – Gurih, Renyah, Pedas

Bagi masyarakat Lombok, sajian pelecing ini merupakan menu makanan turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Tidaklah mengherankan bila di pinggir-pinggir jalan pelecing banyak dijual oleh ibu-ibu untuk dijadikan lauk pauk menjelang santap siang maupun malam. Demikian juga di kedai-kedai kecil, warung makan sampai ke restoran hingga hotel-hotel berbintang di Lombok sudah pasti bisa didapatkan sajian menu pelecing.

Berbahan utama kangkung Lombok yang rasanya renyah dan gurih membedakannya dari kangkung dari daerah lain. Tumbuh di lahan perairan seperti sungai yang mengalir dan kolam sehingga sirkulasi air untuk pertumbuhan kangkung menjadi lebih subur, lebih segar, lebih hijau dan batangnya lebih besar. Teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran jika kangkung Lombok juga menjadi alternatif oleh-oleh khas Lombok.

Kangkung Lombok - Gemuk, Renyah, Berdaun Lebar

Kangkung Lombok – Gemuk, Renyah, Berdaun Lebar

Dengan pelengkap taoge, dan kacang serta sambal nyiuh (kelapa yang dibakar terlebih dulu kemudian diparut atau dioseng supaya tahan beberapa jam), sambal pelecing dibuat dari bahan terasi bakar, cabe, tomat, sedikit garam dan disiram air jeruk limau. Menikmati Pelecing Kangkung, harus siap-siap dengan sapu tangan untuk mengusap keringat yang membasahi wajah karena masakan ini cukup pedas, tetapi sekali menikmatinya akan berkesan lama.

Terasi Lengkare Lombok

Terasi Lengkare Lombok

Selain kangkungnya yang khas, Plecing yang enak juga dikarenakan terasi yang dipakai tidak sembarangan. Terasi khas Lombok yang digunakan untuk Plencing Kangkung adalah terasi Lengkare yang rasanya lebih gurih dan manis. Terasi inilah yang digunakan untuk memperkaya rasa di sambal plecing dan bumbu urap.

Incoming search terms:

resep plecing kangkung khas lombok, resep plecing kangkung lombok, resep plecing kangkung pedas, resep plecing kangkung taliwang, plecing kangkung lombok, visitlomboksumbawa com renyahnya-pelecing-kangkung, tujuan kita membuat plecing kangkung khas sumbawa, makanan teradisional khas pelcing kangkau pakai bahasa inggris, resep plecing kangkung sumbawa, ciri khas plecing kangkung, contoh Deskripsi text tentang makanan khas Lombok, paragraphs bahasa inggris tentang makanan khas lombok, teks pelecing, tentang makanan khas lombok dengan bahasa inggris, penjelasan ttg sambal pelencing kangkung(NTB), sambal plecing kangkung lombok masuk menu hotel berbintang, pelencing kangkung, pelecing terkenal di lombok, plecing kangkung makanan khas daerah, plecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah,