Pura Suranadi – Air Suci, Segarnya Udara dan Pedasnya Rujak Terasi

Meskipun mayoritas masyarakatnya muslim, sesuai dengan perjalanan sejarahnya sehingga banyak juga umat Hindu Bali, di Lombok juga terdapat beberapa pura yang sarat akan nilai-nilai spiritual dan budaya. Salah satu pura menarik yang bisa dikunjungi saat liburan ke Lombok yaitu Pura Suranadi. Dengan letaknya yang berada di tengah hutan wisata ini akan membuat liburan di Lombok terasa semakin sejuk saat mengunjunginya.

Pura Suranadi - Lombok

Pura Suranadi – Lombok

Pura yang hanya berjarak 30 menit dari Kota Mataram ini merupakan bagian dari hutan wisata yang ada di Lombok barat. Keunggulan tempat ibadah ini dibanding tempat lainnya adalah ketenangannya. Letaknya yang bukan di pusat kota, membuat pura ini lebih syahdu.

Pepohonan yang mengelilingi pura membuat udara semakin sejuk. Di sini, kegiatan peribadatan sangat kental terasa. Umat hindu yang berdoa dan membawa sesajen banyak terlihat di sini. Uniknya, sesajen ditempatkan di pagar tertutup karena banyak monyet yang berkeliaran bebas. Pura ini juga memiliki sumber mata air yang dianggap suci. Seruput sedikit air dari sumber mata airnya dan rasakan tubuh dialiri kesucian dari Pura Suranadi.

Ritual Melukat - Pembersihan Diri Lahir Batin

Ritual Melukat – Ritual pembersihan diri yang di lakukan di tempat air suci yang diyakini untuk membersihkan diri dari segala penyakit, kesialan, malapetaka, dll, atau disebut pembersihan diri secara lahir dan batin

Kawasan wisata Suranadi yang merupakan semacam Kaliurang-nya Mataram, letaknya yang tidak terlalu jauh dari kota Mataram menjadikannya salah satu tempat favorit untuk melarikan diri dari kepenatan bekerja. Dengan udaranya yang berasa sangat dingin akan terasa lebih nikmat terasa saat kaki diterpa aliran air sungai yang sangat…nyesss….

Penjual Sate Bulayak di Lesehan Kawasan Wisata Suranadi

Penjual Sate Bulayak di Lesehan Kawasan Wisata Suranadi

Sambil menikmati udara yang segar serta suasana pemandangan alam yang masih asri akan terasa lebih mantap dengan menikmati kuliner Lombok yang dijajakan ibu-ibu berupa sate bulayak, pelecing kangkung atapun rujak terasi khas Lombok. Suasana lesehan dengan duduk di atas tikar semakin mendukung nikmatnya suasana. Di sekitar kawasan tersebut juga dapat dengan mudah ditemui pedagang oleh oleh makanan khas Suranadi seperti berbagai jenis dodol dari dodol nangka sampai dodol sarikaya.

Incoming search terms:

sejarah pura suranadi, pura suranadi, suranadi lombok, pura suranadi lombok, sejarah pura suranadi lombok, gambar orang melukat, mata air di suranadi dan penjelasannya, sejarah berdirinya pura suranadi, sejarah suranadi dalam bahasa inggris, sejarah suranadi dalam bhs inggris, sejarah suranadi diterjemah bahasa inggris, suranadi dalam bentuk bahasa inggris dan terjemahannya, teks deskripsi bahasa inggris dodol nangka lombok, Rujak kelapa khas lombok, purasuranadi lombok, bahasa inggris cara membyat dodol nangka menggunakan beserta artinya, dodol nangka suranadi, dodol suranadi, hutan suranadi bahasa inggris pariwisata, jenis jenis makanan suranadi,