Oleh-Oleh Khas Lombok

Berwisata tanpa membawa oleh-oleh khas daerah rasanya seperti tak lengkap, termasuk tentu saja saat berwisata liburan ke Lombok. Banyak orang yang mengenal obyek wisata di Lombok, sementara tidak demikian halnya dengan oleh-oleh khas Lombok yang kurang banyak dikenal orang. Padahal, oleh-oleh bisa dikatakan wajib setelah berkunjung ke suatu tempat serta juga biasanya untuk menunjukkan ke sanak kerabat bahwa telah berkunjung ke Lombok. Beragam oleh-oleh khas Lombok yang dapat kita temui sebagai ciri khas daerah Lombok mulai dari Dodol Rumput Laut, Mutiara, Kain Tenun Sasak, Madu Sumbawa, Kaos Lombok dan masih banyak juga yang lainnya.

Banyak orang yang ingin pergi ke pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan obyek wisatanya yang sangat terkenal antara lain Pantai Senggigi, Kuta Lombok, Gili Trawangan serta destinasi wisata Lombok lainnya. Sedangkan tidak banyak yang mengetahui oleh-oleh khas Lomboknya sehingga sering kebingungan dan bertanya-tanya saat setelah tiba di Lombok.

Berikut beberapa jenis oleh-oleh khas Lombok yang biasanya dicari para wisatawan yang mudah diperoleh dan banyak dijual diberbagai tempat.

Dodol Rumput Laut Khas Lombok

Dodol Rumput Laut Khas Lombok – Tak seperti dodol umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut khas Lombok terasa manis segar yang terbuat dari tepung rumput laut, gula serta buah-buahan segar. Terdapat beragam pilihan rasa buah, seperti nangka, mangga, sirsak, pisang bahkan tomat serta aneka rasa buah campuran dan juga rasa sayur. dan jagung. Dengan rasa manis dan kenyal di lidah seperti layaknya jelly rasa buah yang banyak disukai anak-anak dan segala usia.

1. Dodol Rumput Laut
Oleh-oleh makanan yang satu ini sepertinya sudah wajib untuk dibeli yang memberikan ciri khas oleh-oleh dari Lombok. Tak seperti dodol umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut khas Lombok terasa manis segar. Dodol rumput laut khas Lombok terbuat dari tepung rumput laut, gula serta buah-buahan segar. Terdapat beragam pilihan rasa buah, seperti nangka, mangga, sirsak, pisang bahkan tomat serta aneka rasa buah yang tercampurkan. Dodol rumput laut ini bisa dibeli di berbagai tempat karena banyak dijual bahkan di supermarket maupun di bandara apabila kelupaan atau tidak sempat mampir untuk membelinya di art shop.

2. Madu Sumbawa
Pulau Sumbawa merupakan wilayah yang termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terkenal sebagai salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu Sumbawa pun dengan mudah bisa didapatkan di Lombok. Ada dua jenis madu yang dijual, yakni madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan serta madu putih (biasa disebut madu kristal) yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih. Madu Sumbawa telah menjadi ikon nasional dan dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati beragam penyakit. Madu putih misalnya, dipercaya bisa mengobati penyakit saraf, baik untuk tulang dan pencernaan.

Selain kedua jenis madu tersebut juga ada madu rempah yang merupakan hasil racikan dengan rempah-rempah khas Lombok yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan vitalitas tubuh, melegakan tenggorokan dan sebagainya. Madu Sumbawa dengan berbagai variannya bisa diperoleh di art shop serta pusat oleh-oleh.

3. Mutiara
Mutiara Lombok sudah sangat terkenal dan bahkan menjadi ikon nasional sehingga bagi yang mencari oleh-oleh merupakan souvenir yang wajib dibeli. Mendengar kata mutiara biasanya akan terbetik di benak bahwa pasti mahal harganya. Di Lombok bisa diperoleh berbagai mutu mutiara yang seseuai dengan harganya yang bervariatif. Pada umumnya mutiara laut harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan mutiara hasil budidaya air tawar. Harga per gram mutiara hasil laut biasanya mencapai ratusan ribu dan bahkan bisa jutaan rupiah dan itupun belum terhitung rangkaian logam mulia tempat melekat mutiara tersebut, sedangkan mutiara air tawar biasanya sangat murah dengan dijual perbiji maupun sudah dalam bentuk perhiasan.

Mutiara di Lombok bisa dengan mudah kita jumpai di butik-butik mutiara yang menyediakan mutiara berkualitas yang bersertifikat sampai dengan berbagai art shop, toko perhiasan serta pula para penjual dan bahkan penjaja mutiara keliling yang biasanya mangkal seperti pedagang asongan di berbagai obyek wisata, restoran dan bahkan halaman hotel.

4. Kain Tenun Sasak
Kain tenun sasak sangat terkenal dengan proses pembuatannya yang memerlukan waktu tidak cukup singkat dan tersedia dalam beragam pilihan harga. Semakin halus dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya. Tempat yang sangat terkenal yaitu sentra industri tradisional kain tenun Sukarara di Lombok Tengah yang merupakan tempat pembuatan seacara tradisional kain tenun Sasak yang melibatkan masyarakat setempat.

5. Kaos Lombok
Selain mutiara, kaos Lombok mungkin merupakan oleh-oleh yang harus dibeli. Selain harganya murah, kaos Lombok bisa menunjukkan bahwa anda pernah ke Lombok dengan pantai yang eksotis ini. Beragam kualitas dan desain serta sablon yang bisa dipilih dan mudah diperoleh seperti halnya cindera mata mutiara yang juga banyak tersedia di pedagang asongan, art shop, pusat oleh-oleh, butik bahkan jika berminat bisa berlenja sampai ke tingkat grosir dan pusat pembuatannya jika memungkinkan waktu untuk mampir sejenak.

6. Susu Kuda Liar
Susu yang belakangan dikenal dengan Susu Kuda Sumbawa ini sudah sangat dikenal juga sebagai oleh-oleh khas Lombok karena khasiatnya yang sudah dikenal luas sedangkan jumlah produksinya yang terbatas sehingga tidak mudah untuk dijumpai di daerah lain. Susu ini dapat disimpan dalam suhu kamar sampai 5 bulan karena dihasilkan dari kuda liar asal pulau Sumbawa yang bebas dari pengaruh bahan kimia sintetis, mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika, banyak mengandung prebiotik alami sehingga mampu secara optimal menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, berbagai penyakit yang muncul pada saluran pencernaan seperti typhus, kolera, disentri juga TBC, leukimia dan tumor. Susu ini juga dapat menjaga kebugaran tubuh, memperbaiki stamina yang loyo.

Susu yang memiliki rasa asam ini diperoleh dari kuda yang hidup secara ekstensif atau dibiarkan secara liar di alam yang berkeliaran di lereng Gunung Suromandi, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Kuda tersebut sebenarnya milik masyarakat sekitar lereng Gunung Suromandi, tetapi dibiarkan berkeliaran mencari makan sendiri. Sehingga dibandingkan dengan “susu kuda liar” yang banyak beredar di pasaran di luar pulau Lombok tentu saja akan berbeda khasiatnya yang disinyalir berasal dari susu kuda ternak yang tentu saja tidak semanjur susu kuda liar asli.

7. Minyak Gosok Sumbawa
Ini oleh-oleh yang pas untuk orang tua atau nenek, walaupun bisa juga jadi cadangan untuk diri sendiri saat lelah bekerja. Minyak gosok Sumbawa terbuat dari akar lawang serta 44 macam akar dari berbagai tumbuhan yang berkhasiat yang dibuat hanya setahun sekali pada saat bulan Ramadhan. Minyak ini memberi kehangatan dan bau yang khas untuk menyembuhkan pegal-pegal, keseleo, meringankan derita rematik dan penyakit otot lainnya. Minyak gosok Sumbawa ini biasanya tersedia dalam beragam ukuran dan bisa diperoleh di art shop dan pusat oleh-oleh.

Selain itu juga masih banyak lagi oleh-oleh khas Lombok yang bisa diperoleh antara lain Dendeng Rusa Sumbawa, Telur Asin Khas Lombok, Krupuk Kaki Ayam Taliwang, Terasi Ketare, Kangkung Lombok, Tahu Khas Lombok, Gerabah Cukli Lombok, Kendi Maling, Kripik Kulit Sapi Khas Lombok.

Incoming search terms:

oleh oleh khas lombok, oleh2 khas lombok, oleh oleh lombok, oleh-oleh khas lombok ntb, oleh-oleh lombok, ciri khas lombok, souvenir khas lombok, oleh oleh dari lombok, visitlomboksumbawa com oleh-oleh-khas-lombok, oleh khas lombok, dodol rumput laut lombok, oleh oleh khas pulau lombok, oleh-oleh makanan khas lombok, oleh oleh khas sumbawa, resep masakan khas lombok ntb, oleh2 lombok, oleh-oleh dari lombok, ciri khas pulau lombok, pusat oleh oleh lombok, pusat oleh-oleh lombok,